Soal UTS Sejarah Peminatan Kelas 12 Semester Ganjil


Berikut adalah kumpulan soal sejarah kelas 12 yang bisa kalian gunakan untuk persiapan UTS. 



Belajar sejarah adalah sesuatu yang menyenangkan. Dengan belajar sejarah, kita bisa mengetahui bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Jika yang terjadi adalah peristiwa baik, kita bisa mencontohnya di kehidupan sekarang. Adapun jika yang terjadi adalah sebuah peristiwa yang merugikan, kita jadi bisa mencegah peristiwa yang sama supaya tidak berulang. 

Beberapa dari kalian mungkin memiliki sejarah yang kurang baik dalam memperoleh nilai ujian. Untuk mencegah sejarah buruk tersebut berulang, ada baiknya kalian mempersiapkan diri dengan baik sebelum ujian berlangsung. Kali ini Teman Sejarah Blog menghaturkan kepada kalian semua kumpulan soal sejarah untuk kelas 12 yang bisa kalian gunakan sebagai bahan belajar dan jangan lupa untuk dikerjakan. Soalnya tidak banyak memang, tetapi soal-soal ini tetaplah dapat membantu kalian dalam bersiap. 


PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1

SMA NEGERI ...

TAHUN PELAJARAN ...

 

 

                                                         Mata Pelajaran             : Sejarah Peminatan

                                                         Hari Tanggal                    : ....

                                                         Kelas Program               : XII / Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

                                                         Waktu                               : ....

 

A.        Pilihlah jawaban yang tepat !

1.         Perhatikan informasi berikut !

1)        Melucuti tentara Jepang dan mengumpulkan mereka untuk dipulangkan

2)        Menegakan serta memelihara kondisi damai untuk diserahkan kepada pemerintah sipil

3)        Menerima penyerahan dari Belanda

4)        Mencari informasi tentang pasukan militer dan peninggalan Jepang di Indonesia untuk dikembalikan ke Jepang

5)        Membebaskan para tawanan peran Jepang yang berasal dari Eropa

Tugas AFNEI di Indonesia ditunjukan pada nomor …

a.         1, 2, dan 4

b.        1, 2, dan 5

c.         2, 3, dan 4

d.        2, 3, dan 5

e.        1, 3, dan 4

2.         Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan cara …

a.         Diplomasi antar Negara Asia dan Forum PBB

b.        Gerakan bawah tanah dan perjuangan fisik

c.         Diplomasi dalam negeri dan luar negeri

d.        Perjuangan fisik dan diplomasi

e.        Gerakan rahasia dan diplomasi

3.         Peristiwa Bandung Lautan Api adalah salah satu bentuk perlawanan Indonesia menentang penjajah guna …

a.         Merebut Kemerdekaan Indonesia

b.        Membangun Indonesia Merdeka

c.         Mencapai Kemerdekaan Indonesia

d.        Melindungi tokoh penting dari ancaman Belanda

e.        Menegakan dan mempertahankan Kemerdekaan

 

4.         Keinginan Belanda untuk menghancurkan eksistensi Republik Indonesia melalui Agresi Militer I mengalami kegagalan. Kegagalan tersebut terjadi karena…

a.         Perancis menarik dukungan terhadap Belanda dalam forum Perserikatan Bangsa-Bangsa

b.        PBB menerjunkan pasukan sekutu di wilayah Indonesia yang dikuasai oleh pasukan Belanda

c.         Diplomat Indonesia membawa kasus serangan Belanda di Indonesia dalam sidang Dewan Keamanan PBB

d.        PBB membentuk United Nations Commisions for Indonesia (UNCI) untuk menggantikan Komisi Tiga Negara

e.        Presiden Soekarno sudah memerintahkan pembentukan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi

5.         Setelah Agresi militer Belanda II, TNI memutuskan untuk melakukan sebuah serangan yang spektakuler yang dikenal dengan Serangan umum 1 Maret 1949. Dampak dari serangan Umum 1 Maret 1949 adalah sebagai berIkut kecuali ....

a.         Mematahkan moral kekuatan Belanda

b.        Menunjukkan kepada dunia bahwa TNI masih ada

c.         Mendukung perjuangan bersenjata di berbagai daerah

d.        Meningkatkan moral rakyat serta TNI yang sedang bergerilya

e.        Belanda menyadari bahwa Indonesia sudah tidak mempunyai kekuatan

6.         Berikut yang tidak termasuk tujuan Indonesia mengirimkan bantuan beras kepada India adalah…

a.         Menanggulangi bencana kelaparan yang sedang terjadi di India

b.        Agar India membantu Indonesia mengatasi blokade ekonomi yang dilakukan Belanda

c.         Meningkatkan rasa solidaritas sebagai Negara yang sama-sama berjuang melawan penjajahan

d.        Melaksanakan tugas yang diberikan oleh PBB untuk menyelamatkan India dari Bencana kelaparan

e.        Sebagai upaya menarik simpati pemerintah dan rakyat India agar turut mendukung kemerdekaan Indonesia

7.         Perhatikan wacana berikut !

                Dukungan Australia terhadap kemerdekaan Indonesia ditunjukan oleh organisasi Australian Seamen’s Union in Sydney dan Waterside Workers Federation melalui aksi demonstrasi. Dukungan tersebut tidak terlepas dari perlakuan tidak adil perusahaan pelayaran Belanda terhadap para pekerja Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Perlakuan ini mendapat kecaman dari rakyat Australia.

 

Berdasarkan  wacana tersebut, dapat diketahui bahwa dukungan Australia atas kemerdekaan Indonesia dilatarbelakangi oleh …

a.         Kerenggangan hubungan perdagangan Belanda-Australia

b.        Kedekatan emosional rakyat Australia dan Indonesia

c.         Arogansi militer Belanda terhadap pelaut Australia

d.        Kesamaan tujuan menentang hagemoni Belanda

e.        Diskriminasi Belanda terhadap rakyat Indonesia

8.         Pada 24 September 1945 terjadi peristiwa Black Ban di Australia yang dipelopori oleh Waterside Workers Federation dan Australian Seamen’s Union in Sydney. Dampak peristiwa tersebut bagi Belanda adalah …

a.         Terhambatnya pengiriman logistik militer ke Indonesia

b.        Ditutupnya perusahaan pelayaran Belanda di pelabuhan Sydney

c.         Berakhirnya kerja sama perdagangan antara Belanda dan Australia

d.        Dikuasainya kapal SS Meroten Bay milik Belanda oleh pelaut Indonesia

e.        Tertundanya pengiriman bantuan persenjataan dari Amerika Serikat

9.         Sebelum pelaksanaan Konferensi Meja Bundar, Negara-negara anggota BFO menyatakan dukungannya terhadap Indonesia. Dukungan ini diberikan karena …

a.         Indonesia berhasil membujuk Negara-negara anggota BFO

b.        Indonesia bersedia memberikan bantuan untuk Negara-negara BFO

c.         Negara-negara BFO bersimpati terhadap perjuangan bangsa Indonesia

d.        Belanda memaksa BFO mengakui kekuasaan Belanda di wilayah BFO

e.        Negara-negara BFO tidak diperkenankan memiliki pemerintahan sendiri

10.     Salah satu sikap yang harus kita persiapkan untuk menghadapai arus globalisasi adalah …

a.         Membekali diri dengan ilmu pengetahuan

b.        Suka menggunakan produk dari luar negeri

c.         Banyak bertanya pada orang yang lebih tahu

d.        Bergaul akrab dengan orang yang lebih pandai

e.        Membenci orang asing yang tinggal di dalam negeri

11.     Setiap hari perusahaan telepon seluler mengeluarkan seri ponsel terbaru. Kondisi tersebut berarti…

a.         Perkembangan IPTEK mempengaruhi eksistensi perusahaan telekomunikasi

b.        Persaingan perusahaan telekomunikasi semakin merata pada era digital

c.         Telekomunikasi merupakan hal terpenting bagi kehidupan manusia

d.        Teknologi informasi dan komunikasi berkembang semakin pesat

e.        Tekonologi berkembang seiring pertumbuhan penduduk

12.     Perhatikan unsur berikut !

1)        Telegraf

2)        Komputer

3)        Internet

4)        Radio

Unsur-Unsur Iptek yang berpengaruh besar bagi kehidupan manusia pada era milenial ditunjukan oleh angka…

a.         1) dan 2)

b.        1) dan 3)

c.         2) dan 3)

d.        2) dan 4)

e.        3) dan 4)

 

13.     Perkembangan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi membawa pengaruh yang  positif  juga pengaruh yang negatif. Pengaruh negatif dalam bidang informasi dan komunikasi adalah …

a.         Penggunaan e-banking yang memudahkan nasabah melakukan transaksi tanpa harus datang ke bank

b.        Upaya peretasan data-data penting negara oleh oknum yang sulit diidentifikasi

c.         Komunikasi dapat dilakukan tanpa harus bertatap muka

d.        Penggunaan jaringan internet untuk pendidikan

e.        Arus informasi lebih cepat menyebar

14.     Salah satu puncak  prestasi dari Amerika Serikat dalam perkembangan teknologi ruang angkasa pada masa perang dingin adalah …

a.         Membuat pesawat ulang alik yang akan diluncurkan ke bulan

b.        Meluncurkan pesawat Sputnik I yang berlangsung pada tahun 1957

c.         Januari 1958 meluncurkan satelit pertamanya yang diberi nama Explorer I

d.        Alan B. Sherpard yang berhasil mengitari orbit bumi berada dalam kapsul Mercury 7

e.        Mengirimkan Neil Armstrong dan Edwin Aldrin sebagai manusia pertama yang menginjakan kakinya dibulan

15.     Pada 4 Oktober 1957 Uni Soviet meluncurkan Sputnik I. Fakta tersebut menunjukan bahwa…

a.         Impian dunia terhadap adanya satelit akhirnya dapat terwujud

b.        Teknologi luar angkasa Uni Soviet lebih maju dibandingkan Negara lain

c.         Uni Soviet berusaha mengembangkan persenjataan lebih modern

d.        Luar angkasa memiliki potensi sumber daya yang dapat dimanfaatkan

e.        Uni soviet terlibat persaingan teknologi luar angkasa dengan Amerika Serikat

16.     Pada tahun 1903 pesawat Flyer berhasil terbang selama 12 detik. Meskipun hanya terbang sebentar, momentum ini sangat penting karena…

a.         Membuktikan kepintaran ilmuawan

b.        Menguak misteri gaya gravitasi

c.         Membuka jalan bagi penerbangan modern

d.        Mengetahui kekuatan pesawat terbang Flyer

e.        Menjawab persaingan teknologi transportasi Negara lain

17.     Pada tahun 4000 sebelum Masehi bangsa Sumeria menemukan teknologi roda. Bangsa Sumeria memanfaatkan roda untuk…

a.         Membangun jalan raya

b.        Melakukan kegiatan jual beli

c.         Memindahkan barang di daratan

d.        Mengangkut muatan di punggungnya

e.        Menyiapkan barang yang akan dijual

 

 

 

18.     Pada masa kolonial Belanda, pemerintah Belanda telah membangun rel kereta api oleh pemerintah Belanda yang berfungsi untuk …

a.         Mengangkut hasil pertanian dari pedesaan ke perkotaan atau pelabuhan

b.        Memperlancar arus transportasi penduduk di daerah jajahan

c.         Mempermudah produk mobil import dari Eropa

d.        Menghubungkan pusat pemerintahan colonial Belanda dengan Pedesaan

e.        Mengangkut hasil pertanian dari pedesaan ke perkotaan atau pelabuhan

19.     Perhatikan informasi berikut !

1)        Berpindah dari satu kota ke kota berikutnya hanya dalam hitungan jam

2)        Melakukan perdagangan illegal dengan menggunakan jaringan internet

3)        Melakukan transaksi keuangan melalui ATM dan e-banking

4)        Pemanfaatan jaringan komunikasi oleh pembajak

5)        Mengikuti kuliah dengan sistem kelas online

Dampak positif dari revolusi teknologi ditunjuk pada nomor …

a.         1,2, dan 3

b.        2,3, dan 5

c.         1,3, dan 5

d.        5,1, dan 2

e.        4,5, dan 1

20.     Dampak perkembangan IPTEK pada era globalisasi dalam bidang ekonomi dan industri adalah sebagai berikut kecuali

a.         Perusahaan sulit menjual hasil produksinya ke luar negeri

b.        Dapat menghasilkan produktivitas yang tinggi dan lebih efisien

c.         Dapat menghasilkan lebih banyak produk dalam waktu yang singkat

d.        Munculnya pengangguran bagi tenaga kerja yang tenaganya digantikan oleh mesin

e.        Dapat meminimalkan penggunaan uang sebagai bagian dari proses produksi dan perdagangan

 

B.        Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan tepat !

1.         Menurut anda mengapa Belanda tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia ?

2.         Bagaimana kondisi ekonomi Indonesia paska pengakuan kedaulatan dari Belanda ?

3.         Jelaskan tujuan dari terciptanya sebuah teknologi ?

4.         Mengapa perkembangan IPTEK dapat menyebabkan sikap antisosial?

5.         Jelaskan dampak positif dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar