Berikut adalah kumpulan soal sejarah peminatan kelas 12 yang bisa kalian gunakan untuk persiapan Ulangan Harian Bab 1. Respon Internasional terhadap Kemerdekaan Indonesia
Belajar sejarah adalah sesuatu yang menyenangkan. Dengan belajar sejarah, kita bisa mengetahui bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Jika yang terjadi adalah peristiwa baik, kita bisa mencontohnya di kehidupan sekarang. Adapun jika yang terjadi adalah sebuah peristiwa yang merugikan, kita jadi bisa mencegah peristiwa yang sama supaya tidak berulang.
Beberapa dari kalian mungkin memiliki sejarah yang kurang baik dalam memperoleh nilai ujian. Untuk mencegah sejarah buruk tersebut berulang, ada baiknya kalian mempersiapkan diri dengan baik sebelum ujian berlangsung. Kali ini Teman Sejarah Blog menghaturkan kepada kalian semua kumpulan soal sejarah untuk kelas 12 yang bisa kalian gunakan sebagai bahan belajar dan jangan lupa untuk dikerjakan. Soalnya tidak banyak memang, tetapi soal-soal ini tetaplah dapat membantu kalian dalam bersiap.
1. Perhatikan
informasi berikut!
1) Menerima
penyerahan dari Belanda
2) Membebaskan
para tawanan perang Jepang yang berasal dari Eropa
3) Melucuti
tentara Jepang dan mengumpilkan mereka untuk dipulangkan
4) Menegakkan
serta memlihara kondisi damai untuk diserahkan kepada pemerintahan sipil
5) Mencari
informasi tentang pasukan militer dan peninggalan Jepang di Indonesia untuk
dikembalikan ke Jepang
Tugas AFNEI di
Indonesia ditunjuk pada nomor ....
a. 1, 2,
dan 3
b. 1, 3,
dan 5
c. 2, 3, dan 4
d. 3, 4,
dan 5
e. 5, 1,
dan 2
2. Setelah
Indonesia merdeka Belanda datang kembali ke Indonseia untuk membuat
pemerintahan sipil yang disebut …
a. Putera
b. NICA
c. KNIL
d. Gerakan
3 A
e. VOC
3. Upaya
mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan cara …
a. Diplomasi
antarnegara Asia dan forum PBB
b. Gerakan bawah
tanah dan perjuangan fisik
c. Diplomasi
dalam negeri dan luar negeri
d. Perjuangan
senjata dan diplomasi
e. Gerakan
rahasia dan diplomasi
4. Alasan
TRI dan pemuda membumihanguskan aset-aset Kota Bandung adalah…
a. Agar
Sekutu membatalkan ultimatumnya
b. Aset-aset
di Bandung sudah rusak dan tua
c. Aset-aset
di Bandung sebagian besar milik perusahaan asing
d. Agar Sekutu
tidak memanfaatkan aset untuk kepentinganya
e. Mencegah
Sekutu menjadikan asset-aset di Bandung sebagai tempat persembunyian
5. Peristiwa
Bandung Lautan Api adalah salah satu bentuk perlawanan Indonesia menentang
penjajah guna…
a. Membangun
Indonesia merdeka
b. Merebut
kemerdekaan Indonesia
c. Mencapai
kemerdekaan Indonesia
d. Menegakan
dan mempertahankan kemerdekaan
e. Melindungi
tokoh-tokoh nasional dari ancaman Belanda
6. Perhatikan
informasi berikut.
1) Membawa
masalah Indonesia-Belanda ke dalam persidangan Dewan Keamanan PBB
2) Mengadakan
perundingan dengan Belanda
3) Mencari
dukungan Negara-negara anggota PBB
4) Menekan
pihak-pihak yang tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia
5) Membuka
kedutaan besar Indonesia di sejumlah negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia
Strategi
diplomasi Indonesia ditunjukkan pada nomor…
a. 1), 2), dan
3)
b. 1), 2),
dan 5)
c. 2), 3),
dan 4)
d. 2), 4),
dan 5)
e. 3), 4),
dan 5)
7. Salah
satu pemimpin warga Surabaya pada pertempuran 10 November 1945 adalah…
a. Musa
b. Sudirman
c. Sutomo
d. Sukarno
e. Danu
8. Setelah
Agresi militer Belanda II, TNI memutuskan untuk melakukan sebuah serangan yang
spektakuler yang dikenal dengan Serangan umum 1 Maret 1949. Dampak dari
serangan Umum 1 Maret 1949 adalah sebagai berIkut kecuali ....
a. Mematahkan
moral kekuatan Belanda
b. Menunjukkan
kepada dunia bahwa TNI masih ada
c. Mendukung
perjuangan bersenjata di berbagai daerah
d. Meningkatkan
moral rakyat serta TNI yang sedang bergerilya
e. Belanda
menyadari bahwa Indonesia sudah tidak mempunyai kekuatan
9. Raden
Abdul Kadir Widjojoatmodjo lahir dari keluarga pegawai negeri jawa yang loyal
kepada pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Dia sempat bertindak sebagai
Gubernur Jendral Hindia Belanda dan juga berperan penting dalam upaya memecah
belah Republik Indonesia. R.Abdul Kadir Widjojoatmodjo memimpin delgasi Belanda
pada saat perundingan…
a. Linggajati
b. Renvile
c. Roem-Royen
d. KMB
e. Hoge
Veluwe
10. Pernyataan
berikut ini adalah bukti dukungan Mesir terhadap proklamasi kemerdekaan
Indonesia kecuali ...
a. Mengirim
delegasi Mesir (Abdul Mun’im) ke Yogyakarta
b. Aksi
pemuda Mesir yang berdemo di Kedubes Belanda di Kairo
c. Mesir
mendorong agar Liga Arab mengakui kemerdekaan RI( 18 November 1946)
d. Ditandatanganinya
perjanjian antara Mesir dan Indonesia untuk mengurangi tenaga kerja Indonesia
e. Aksi
pemboikotan oleh buruh di pelabuhan Port Said dan Terusan Zues terhadap
kapal-kapal Belanda
11. Perhatikan
pernyataan berikut!
1) Bersama Australia
mengajukan masalah Indonesia ke PBB
2) Menjadi
negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia
3) Selalu
berada di pihak Indonesia dalam berbagai forum Internasional yang menyangkut
masalah Indonesia-Belanda
4) Menjadi
salah satu anggota Komisi Tiga Negara mewakili Indonesia
5) Mengirimkan
bantuan tenaga medis dan obat-obatan ke Indonesia
Dukungan India terhadap proklamasi kemerdekaan
Indonesia ditunjuk dengan nomor ....
a. 1, 3, dan 5
b. 2, 4, dan
5
c. 3, 4, dan
1
d. 5, 1, dan
2
e. 4, 5, dan
1
12. Salah satu
bentuk pengakuan PBB terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ....
a. Dibentuknya
Komisi Tiga Negara untuk mendukung perdamaian di Indonesia
b. Membantu
proses administrasi pemindahan ibu kota Indonesia pasca agresi militer II
c. Pemebrian
bantuan senjata dan obat-obatan serta tenaga medis dalam menghadapi agresi
militer Belanda
d. Penggunaan
nama Indonesia, bukan Netherlands Indies dalam setiap resolusi yang dikeluarkan
sejak 1947
e. Mengadakan
Konferensi Asia guna menggalang dukungan bagi Indonesia yang kemerdekaannya
belum diakui oleh Belanda
13. Berikut
yang tidak termasuk tujuan Indonesia
mengirimkan bantuan beras kepada India adalah…
a. Menanggulangi
bencana kelaparan yang sedang terjadi di India
b. Agar
India membantu Indonesia mengatasi blokade ekonomi yang dilakukan Belanda
c. Meningkatkan
rasa solidaritas sebagai Negara yang sama-sama berjuang melawan penjajahan
d. Melaksanakan
tugas yang diberikan oleh PBB untuk menyelamatkan India dari Bencana kelaparan
e. Sebagai
upaya menarik simpati pemerintah dan rakyat India agar turut mendukung
kemerdekaan Indonesia
14.
Latar belakang Australia berbalik mendukung
Indonesia disebabkan oleh…
a. Sikap
Belanda yang menolak berunding dengan Indonesia
b. Desakan
partai oposisi, yakni Partai Liberal agar membantu Indonesia
c. Kegagalan
Belanda mempertahankan Indonesia dari serangan Jepang pada PD II
d. Desakan
persatuan buruh Australia yang mendukung kemerdekaan Indonesia
e. Kebijakan
Inggris dan Amerka Serikat sebagai Negara induk Australia yang mendukung
Indonesia
15. Berikut
ini dua Negara yang termasuk anggota KTN (Komite Tiga Negara) adalah…
a. Amerika
Serikat dan Belgia
b. Amerika
Serikat dan Perancis
c. Australia
dan Perancis
d. Belgia
dan India
e. Belgia
dan Mesir
16. Mesir
adalah salah satu negara Arab yang memberikan dukungan terhadap proklamasi
kemerdekaan Indonesia. Faktor penyebab Mesir memberikan dukungannya kepada
Indonesia adalah sebagai berikut kecuali
…
a. Adanya
persamaan agama
b. Adanya
persamaan kepentingan
c. Banyaknya
masyarakat Indonesia yang bekerja di Mesir
d. Banyaknya
masyarakat Indonesia yang menuntu ilmu di Mesir
e. Banykanya
masyarakat Indonesia yang melakukan haji di Arab Saudi
17. Pada
tanggal 1 Desember 1945, sekutu memasang papan bertuliskan “Fixed Boundaries”
di berbagai pinggiran kota Medan. Tulisan ini semacam gari polisi yang diyakini
akan menghambat gerak maju serta sebuan para pemuda dan TKR terhadap sekutu.
Oleh karena itu, wilayah yang menjadi markas sekutu di kota Medan dikenal
sebagai …
a. Medan Area
b. Medan
Arena
c. Medan
Global
d. Medan
Tempur
e. Medan
Fire
18. Muhammad
Ali Taher merupakan saudagar asal Palestina yang menyumbangkan seluruh uangnya
di Bank of Arabia kepada rakyat
Indonesia. Ia meminta rakyat Indonesia menerima bantuan tersebut sebagai
bentuk…
a. Kemenangan
melawan penjajah bangsa asing
b. Keberhasilan
menegakan Pan Islamisme
c. Bantuan
kemanusian karena Indonesia kelaparan
d. Solidaritas
antar Negara asia
e. Untuk
membantu Indonesia menjadi Negara Khilafah
19. Dalam
rapatnya, Dewan Komisaris Liga Muslim menasihati agar anggota-anggotanya …
a. Mengakui
Indonesia sebagai Negara merdeka
b. Bersikap
netral terhadap masalah Indonesia dan Belanda
c. Menfasilitasi
perundingan internasional antara Indonesia-Belanda
d. Mendukung
Belanda menduduki Indonesia
e. Membawa
masalah Indonesia-Belanda Ke PBB
20. Mahasiswa
Indonesia yang menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar memiliki peran
penting dalam menarik simpati rakyat mesir terhadap kemerdekaan Indonesia.
Bentuk peran tersebut adalah…
a. Menyelenggarakan
rapat publik dan acara amal di Lapangan Tahrir, Kairo
b. Mengadakan
unjuk rasa di kantor Kedutaan Besar Belanda yang berkedudukan di Kairo
c. Membawa
masalah tersebut ke DK PBB
d. Menulis
artikel mengenai kemerdekaan Indonesia dalam buletin kampus dan sejumlah surat
kabar
e. Memberikan
bantuan beras kepada rakyat mesir
21. Pertempuran
di Ambarawa tanggal 12 sampai 15 Desember 1945 membuat pasukan sekutu dapat
diusir. Sehingga pada 15 Desember diperingati sebagai hari…
a. Pahlawan
b. Kemerdekaan
c. Infanteri
d. Kemenangan
e. Kebangkitan
22. Vatikan
merupakan Negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Pengakuan
ini dirasa cukup penting karena…
a. Vatikan
memiliki basis dukungan pengikut yang cukup besar di Eropa
b. Vatikan
mendukung Indonesia dengan memberikan bantuan keuangan
c. Setiap
tindakan yang dilakukan Vatikan akan diikuti oleh Negara-negara Eropa
d. Vatikan
memiliki pengaruh cukup kuat bagi Negara-negara di Eropa dan Amerika
e. Dukungan
Vatikan semakin menguatkan kedudukan Indonesia di kancah internasional
23. Para
diplomat memiliki peran penting dalam perjuangan pengakuan kemerdekaan
Indonesia. Peran tersebut ditunjukan dengan…
a. Menggantikan
kedudukan Soekarno dan Moh. Hatta saat diasingkan Belanda
b. Memperjuangkan
pengakuan kemerdekaan Indonesia melalui forum sidang PBB
c. Menjadi
panutan bagi tokoh-tokoh militer Indonesia saat bertempur melawan Belanda
d. Memberikan
saran dan strategi kepada pemimpin bangsa Indonesia yang sedang ditawan
e. Menyampaikan
resolusi PBB atas masalah konflik Indonesia-Belanda kepada Presiden Soekarno
24. Dalam
sidang Dewan Keamanan PBB di Amerika Serikat pada Agustus 1947, Sutan Sjahrir
menyatakan Republik Indonesia sudah memiliki kelengkapan Negara yang sah.
Kelengkapan yang dimaksud Sutan Sjahrir meliputi…
a. Pemerintahan,
Wilayah, dan Tentara
b. Wilayah,
Undang-undang, dan Warga Negara
c. Pemerintahan,
Undang-undang, dan Tentara
d. Wilayah,
Warga Negara, dan Tentara
e. Pemerintahan,
Warga Negara, dan Undang-undang
25. Ketentuan
mengenai Irian Barat menurut Konferensi Meja Bundar adalah…
a. Diadakan
perundingan lanjutan dalam waktu satu tahun setelah penyerahan kedaulatan
b. Diserahkan
kepada Dewan Perwalian PBB
c. Diserahkan
kepada Indonesia dalam waktu dekat
d. Dibentuk
pemerintahan transisi dari Belanda kepada pemerintah RIS
e. Diserahkan
kepada pemerintahan Indonesia untuk mengelola daerah Irian Barat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar