SOAL Ulangan Harian SEJARAH PEMINATAN KELAS 12 SMA Bab 1. Respon Internasional terhadap Kemerdekaan Indonesia


Berikut adalah kumpulan soal sejarah peminatan kelas 12 yang bisa kalian gunakan untuk persiapan Ulangan Harian Bab 1. Respon Internasional terhadap Kemerdekaan Indonesia



Belajar sejarah adalah sesuatu yang menyenangkan. Dengan belajar sejarah, kita bisa mengetahui bagaimana suatu peristiwa dapat terjadi. Jika yang terjadi adalah peristiwa baik, kita bisa mencontohnya di kehidupan sekarang. Adapun jika yang terjadi adalah sebuah peristiwa yang merugikan, kita jadi bisa mencegah peristiwa yang sama supaya tidak berulang. 

Beberapa dari kalian mungkin memiliki sejarah yang kurang baik dalam memperoleh nilai ujian. Untuk mencegah sejarah buruk tersebut berulang, ada baiknya kalian mempersiapkan diri dengan baik sebelum ujian berlangsung. Kali ini Teman Sejarah Blog menghaturkan kepada kalian semua kumpulan soal sejarah untuk kelas 12 yang bisa kalian gunakan sebagai bahan belajar dan jangan lupa untuk dikerjakan. Soalnya tidak banyak memang, tetapi soal-soal ini tetaplah dapat membantu kalian dalam bersiap. 

 



1.    Perhatikan informasi berikut!

1)   Menerima penyerahan dari Belanda

2)   Membebaskan para tawanan perang  Jepang  yang berasal dari Eropa

3)   Melucuti tentara Jepang dan mengumpilkan mereka untuk dipulangkan

4)   Menegakkan serta memlihara kondisi damai untuk diserahkan kepada pemerintahan sipil

5)   Mencari informasi tentang pasukan militer dan peninggalan Jepang di Indonesia untuk dikembalikan ke Jepang

     Tugas AFNEI di Indonesia ditunjuk pada nomor ....

a.    1, 2, dan 3

b.    1, 3, dan 5

c.    2, 3, dan 4

d.    3, 4, dan 5

e.    5, 1, dan 2

2.    Setelah Indonesia merdeka Belanda datang kembali ke Indonseia untuk membuat pemerintahan sipil yang disebut …

a.    Putera

b.    NICA

c.    KNIL

d.    Gerakan 3 A

e.    VOC

3.    Upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan cara …

a.    Diplomasi antarnegara Asia dan forum PBB

b.    Gerakan bawah tanah dan perjuangan fisik

c.    Diplomasi dalam negeri dan luar negeri

d.    Perjuangan senjata dan diplomasi

e.    Gerakan rahasia dan diplomasi

4.    Alasan TRI dan pemuda membumihanguskan aset-aset Kota Bandung adalah…

a.    Agar Sekutu membatalkan ultimatumnya

b.    Aset-aset di Bandung sudah rusak dan tua

c.    Aset-aset di Bandung sebagian besar milik perusahaan asing

d.    Agar Sekutu tidak memanfaatkan aset untuk kepentinganya

e.    Mencegah Sekutu menjadikan asset-aset di Bandung sebagai tempat persembunyian

5.    Peristiwa Bandung Lautan Api adalah salah satu bentuk perlawanan Indonesia menentang penjajah guna…

a.    Membangun Indonesia merdeka

b.    Merebut kemerdekaan Indonesia

c.    Mencapai kemerdekaan Indonesia

d.    Menegakan dan mempertahankan kemerdekaan

e.    Melindungi tokoh-tokoh nasional dari ancaman Belanda

6.    Perhatikan informasi berikut.

1)   Membawa masalah Indonesia-Belanda ke dalam persidangan Dewan Keamanan PBB

2)   Mengadakan perundingan dengan Belanda

3)   Mencari dukungan Negara-negara anggota PBB

4)   Menekan pihak-pihak yang tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia

5)   Membuka kedutaan besar Indonesia di sejumlah negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia

Strategi diplomasi Indonesia ditunjukkan pada nomor…

a.    1), 2), dan 3)

b.    1), 2), dan 5)

c.    2), 3), dan 4)

d.    2), 4), dan 5)

e.    3), 4), dan 5)

7.    Salah satu pemimpin warga Surabaya pada pertempuran 10 November 1945 adalah…

a.    Musa

b.    Sudirman

c.    Sutomo

d.    Sukarno

e.    Danu

8.    Setelah Agresi militer Belanda II, TNI memutuskan untuk melakukan sebuah serangan yang spektakuler yang dikenal dengan Serangan umum 1 Maret 1949. Dampak dari serangan Umum 1 Maret 1949 adalah sebagai berIkut kecuali ....

a.    Mematahkan moral kekuatan Belanda

b.    Menunjukkan kepada dunia bahwa TNI masih ada

c.    Mendukung perjuangan bersenjata di berbagai daerah

d.    Meningkatkan moral rakyat serta TNI yang sedang bergerilya

e.    Belanda menyadari bahwa Indonesia sudah tidak mempunyai kekuatan

9.    Raden Abdul Kadir Widjojoatmodjo lahir dari keluarga pegawai negeri jawa yang loyal kepada pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Dia sempat bertindak sebagai Gubernur Jendral Hindia Belanda dan juga berperan penting dalam upaya memecah belah Republik Indonesia. R.Abdul Kadir Widjojoatmodjo memimpin delgasi Belanda pada saat perundingan…

a.    Linggajati

b.    Renvile

c.    Roem-Royen

d.    KMB

e.    Hoge Veluwe

10.    Pernyataan berikut ini adalah bukti dukungan Mesir terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia kecuali ...

a.    Mengirim delegasi Mesir (Abdul Mun’im) ke Yogyakarta

b.    Aksi pemuda Mesir yang berdemo di  Kedubes Belanda di Kairo

c.    Mesir mendorong agar Liga Arab mengakui kemerdekaan RI( 18 November 1946)

d.    Ditandatanganinya perjanjian antara Mesir dan Indonesia untuk mengurangi tenaga kerja Indonesia

e.    Aksi pemboikotan oleh buruh di pelabuhan Port Said dan Terusan Zues terhadap kapal-kapal Belanda

11.    Perhatikan pernyataan berikut!

1)   Bersama Australia mengajukan masalah Indonesia ke PBB

2)   Menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia

3)   Selalu berada di pihak Indonesia dalam berbagai forum Internasional yang menyangkut masalah Indonesia-Belanda

4)   Menjadi salah satu anggota Komisi Tiga Negara mewakili Indonesia

5)   Mengirimkan bantuan tenaga medis dan obat-obatan  ke Indonesia

Dukungan India terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia ditunjuk dengan nomor ....

a.    1, 3, dan 5

b.    2, 4, dan 5

c.    3, 4, dan 1 

d.    5, 1, dan 2

e.    4, 5, dan 1

12.    Salah satu bentuk pengakuan PBB terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ....

a.    Dibentuknya Komisi Tiga Negara untuk mendukung  perdamaian di Indonesia

b.    Membantu proses administrasi pemindahan ibu kota Indonesia pasca agresi militer II

c.    Pemebrian bantuan senjata dan obat-obatan serta tenaga medis dalam menghadapi agresi militer Belanda

d.    Penggunaan nama Indonesia, bukan Netherlands Indies dalam setiap resolusi yang dikeluarkan sejak 1947

e.    Mengadakan Konferensi Asia guna menggalang dukungan bagi Indonesia yang kemerdekaannya belum diakui oleh Belanda

13.    Berikut yang tidak termasuk tujuan Indonesia mengirimkan bantuan beras kepada India adalah…

a.     Menanggulangi bencana kelaparan yang sedang terjadi di India

b.    Agar India membantu Indonesia mengatasi blokade ekonomi yang dilakukan Belanda

c.    Meningkatkan rasa solidaritas sebagai Negara yang sama-sama berjuang melawan penjajahan

d.    Melaksanakan tugas yang diberikan oleh PBB untuk menyelamatkan India dari Bencana kelaparan

e.    Sebagai upaya menarik simpati pemerintah dan rakyat India agar turut mendukung kemerdekaan Indonesia

14.    Latar belakang Australia berbalik mendukung Indonesia disebabkan oleh…

a.    Sikap Belanda yang menolak berunding dengan Indonesia

b.    Desakan partai oposisi, yakni Partai Liberal agar membantu Indonesia

c.    Kegagalan Belanda mempertahankan Indonesia dari serangan Jepang pada PD II

d.    Desakan persatuan buruh Australia yang mendukung kemerdekaan Indonesia

e.    Kebijakan Inggris dan Amerka Serikat sebagai Negara induk Australia yang mendukung Indonesia

15.    Berikut ini dua Negara yang termasuk anggota KTN (Komite Tiga Negara) adalah…

a.    Amerika Serikat dan Belgia

b.    Amerika Serikat dan Perancis

c.    Australia dan Perancis

d.    Belgia dan India

e.    Belgia dan Mesir

16.    Mesir adalah salah satu negara Arab yang memberikan dukungan terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia. Faktor penyebab Mesir memberikan dukungannya kepada Indonesia adalah sebagai berikut kecuali

a.    Adanya persamaan agama

b.    Adanya persamaan kepentingan

c.    Banyaknya masyarakat Indonesia yang bekerja di Mesir

d.    Banyaknya masyarakat Indonesia yang menuntu ilmu di Mesir

e.    Banykanya masyarakat Indonesia yang melakukan haji di Arab Saudi

17.    Pada tanggal 1 Desember 1945, sekutu memasang papan bertuliskan “Fixed Boundaries” di berbagai pinggiran kota Medan. Tulisan ini semacam gari polisi yang diyakini akan menghambat gerak maju serta sebuan para pemuda dan TKR terhadap sekutu. Oleh karena itu, wilayah yang menjadi markas sekutu di kota Medan dikenal sebagai …

a.    Medan Area

b.    Medan Arena

c.    Medan Global

d.    Medan Tempur

e.    Medan Fire

18.    Muhammad Ali Taher merupakan saudagar asal Palestina yang menyumbangkan seluruh uangnya di Bank of Arabia kepada rakyat Indonesia. Ia meminta rakyat Indonesia menerima bantuan tersebut sebagai bentuk…

a.    Kemenangan melawan penjajah bangsa asing

b.    Keberhasilan menegakan Pan Islamisme

c.    Bantuan kemanusian karena Indonesia kelaparan

d.    Solidaritas antar Negara asia

e.    Untuk membantu Indonesia menjadi Negara Khilafah

19.    Dalam rapatnya, Dewan Komisaris Liga Muslim menasihati agar anggota-anggotanya …

a.    Mengakui Indonesia sebagai Negara merdeka

b.    Bersikap netral terhadap masalah Indonesia dan Belanda

c.    Menfasilitasi perundingan internasional antara Indonesia-Belanda

d.    Mendukung Belanda menduduki Indonesia

e.    Membawa masalah Indonesia-Belanda Ke PBB

20.    Mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar memiliki peran penting dalam menarik simpati rakyat mesir terhadap kemerdekaan Indonesia. Bentuk peran tersebut adalah…

a.    Menyelenggarakan rapat publik dan acara amal di Lapangan Tahrir, Kairo

b.    Mengadakan unjuk rasa di kantor Kedutaan Besar Belanda yang berkedudukan di Kairo

c.    Membawa masalah tersebut ke DK PBB

d.    Menulis artikel mengenai kemerdekaan Indonesia dalam buletin kampus dan sejumlah surat kabar

e.    Memberikan bantuan beras kepada rakyat mesir

21.    Pertempuran di Ambarawa tanggal 12 sampai 15 Desember 1945 membuat pasukan sekutu dapat diusir. Sehingga pada 15 Desember diperingati sebagai hari…

a.     Pahlawan

b.    Kemerdekaan

c.     Infanteri

d.    Kemenangan

e.     Kebangkitan

22.    Vatikan merupakan Negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Pengakuan ini dirasa cukup penting karena…

a.    Vatikan memiliki basis dukungan pengikut yang cukup besar di Eropa

b.    Vatikan mendukung Indonesia dengan memberikan bantuan keuangan

c.    Setiap tindakan yang dilakukan Vatikan akan diikuti oleh Negara-negara Eropa

d.    Vatikan memiliki pengaruh cukup kuat bagi Negara-negara di Eropa dan Amerika

e.    Dukungan Vatikan semakin menguatkan kedudukan Indonesia di kancah internasional

23.    Para diplomat memiliki peran penting dalam perjuangan pengakuan kemerdekaan Indonesia. Peran tersebut ditunjukan dengan…

a.    Menggantikan kedudukan Soekarno dan Moh. Hatta saat diasingkan Belanda

b.    Memperjuangkan pengakuan kemerdekaan Indonesia melalui forum sidang PBB

c.    Menjadi panutan bagi tokoh-tokoh militer Indonesia saat bertempur melawan Belanda

d.    Memberikan saran dan strategi kepada pemimpin bangsa Indonesia yang sedang ditawan

e.    Menyampaikan resolusi PBB atas masalah konflik Indonesia-Belanda kepada Presiden Soekarno

24.    Dalam sidang Dewan Keamanan PBB di Amerika Serikat pada Agustus 1947, Sutan Sjahrir menyatakan Republik Indonesia sudah memiliki kelengkapan Negara yang sah. Kelengkapan yang dimaksud Sutan Sjahrir meliputi…

a.    Pemerintahan, Wilayah, dan Tentara

b.    Wilayah, Undang-undang, dan Warga Negara

c.    Pemerintahan, Undang-undang, dan Tentara

d.    Wilayah, Warga Negara, dan Tentara

e.    Pemerintahan, Warga Negara, dan Undang-undang

25.    Ketentuan mengenai Irian Barat menurut Konferensi Meja Bundar adalah…

a.    Diadakan perundingan lanjutan dalam waktu satu tahun setelah penyerahan kedaulatan

b.    Diserahkan kepada Dewan Perwalian PBB

c.    Diserahkan kepada Indonesia dalam waktu dekat

d.    Dibentuk pemerintahan transisi dari Belanda kepada pemerintah RIS

e.    Diserahkan kepada pemerintahan Indonesia untuk mengelola daerah Irian Barat

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar